Kamis, 16 November 2017

wisata edukasi labschool rafi akbar

Pengalaman wisata edukasi SMP Labschool Jakarta 2017

Pengalaman wisata edukasi SMP Labschool Jakarta 2017 adalah kita berkunjung ke Puspiptek Serpong dan Tmii. Kita wisata edukasi tanggal 19 Oktober 2017. Beberapa hari sebelum kita berangkat kita dikasih tau oleh bapak/ibu guru mengenai wisata edukasi, jadi kita dikasih tau kelompok nya. Kelompok nya itu di acak setiap kelas, tetapi tidak di gabung dengan kelas lain. Jadi setiap kelas terdapat kelompok masing masing. Kebetulan saya waktu itu melihat saya terdapat di kelompok 3, setiap kelompok di campur cewe cowo, kalo tidak salah anggota nya waktu itu setiap kelompok ada 5 orang.

Di setiap kelompok kita dikasih tau untuk ada perwakilan setiap kelompok 2 orang untuk membawa kamera/hand phone. Karena kita disuruh ngevideo perjalanan kita dari awal sampai akhir. Dan kata nya setelah kita ngevideo kita harus mendokumentasi kan, karena itu akan dinilai setiap kelompok. Dan saat itu saya disuruh untuk membawa HP, dan yang satu lagi teman saya juga membawa HP juga. 1 hari sebelum kita wisata edukasi kita di informasikan oleh bapak/ibu guru pagi pagi di sekolah mengenai apa yang harus dipakai saat wisata edukasi dan apa saja yang harus dibawa untuk wisata edukasi. Dan kata nya kita disuruh mengenai baju angkatan dan celana biru sekolah, dan alat alat yang harus dibawa adalah binder, alat tulis, papan jalan, jas lab, makanan ringan, obat pribadi jika perlu, DLL.

Saat tanggal 9 Oktober telah datang, kita harus sampai di sekolah jam 6:30 pagi. Saat saya sudah sampai di sekolah kita langsung menuju ke lapangan SMP untuk pembukaan dan sambutan oleh kepala sekolah kita dan wali nya serta guru guru. Saat itu kita berbaris sesuai kelas dan bus yang akan kita naiki itu setiap bus perkelas jadi kelas 7A ada di bus 1, kelas 7B ada di bus 2. Dan saat ada penyambutan dan pembukaan saya ngevideoin dengan hp saya untuk dokumentasi. Dan saat itu juga banyak teman teman saya yang ngevideo juga. Saat penyambutan sudah selesai kita langsung menuju ke bus masing masing. Saat kita sudah berada di dalam bus kita langsung mencari tempat duduk dan berdoa sebelum jalan serta di absen juga. Kita juga dikasih lembar jawaban yang penuh dengan pertanyaan untuk di masing masing tempat wisata yang akan di kunjungi. Pertama pertama kita menuju ke Puspiptek serpong sehabis itu baru ke Tmii untuk ke Skyworld dan museum air tawar. Saat kita sudah jalan saya juga ngevideo juga saat itu. Perjalanan nya menuju puspiptek lumayan lama dan membutuhkan waktu yang banyak, kurang lebih waktu itu perjalanan nya membutuhkan waktu 2 jam.

Saat kita sudah sampai di puspiptek, kita langsung disuruh oleh bapak/ibu guru untuk turun dari bus dan menuju gedung yang terdapat di puspiptek yang di dalam nya terdapat aula yang sangat besar. Di situ kita ada penyambutan oleh orang orang yang kerja disana dan kita juga dikasih liat video tentang “apa sih Puspiptek itu dan ada apa aja sih fasiliti yang terdapat di puspipter serpong. Video nya lumayan cukup lama. Setelah kita di kasih liat video nya kita boleh menanya ke para pekerja nya tentang apa aja tetapi yang berhubungan dengan Puspiptek. Setelah itu kita dikasih tau mengenai setiap kelas akan mengunjungi lab yang berbeda, contoh nya seperti kelas 7A mengunjungi lab fisika, kelas 7B mengunjungi lab biologi. Dan saya berada di kelas 7A. saat kelas 7A di panggil kita langsung menuju ke bus untuk mempernyiapkan diri untuk membawa jas lab, lembar jawab, papan jalan, dan alat tulis. Kita menuju ke lab masing masing tidak dengan jalan kaki tetapi menaiki bus. Saat sudah sampai di lab fisika kita di bagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok kurang lebih terdapat 10 atau 8 anak. Dan kelompok saya kebagian untuk ke lab baterai. Saat kita sudah di lab baterai kita di kasih tau oleh yang kerja disana mengenai baterai dan alat alat yang ada di lab itu. Setelah selesai kita langsung balik lagi ke lobby lab fisika dan kita disuruh absen dan tanda tangan setiap anak, setelah itu kita melakukan foto kelas di lobby nya.

Setelah itu kita balik lagi ke bus untuk menuju ke tempat wisata yang ke dua yaitu tmii. Dan seperti yang saya katakan kurang lebih waktu yang di butuhkan dalam perjalanan menuju ke tmii adalah 2 jam. Saat tiba di tmii kita disuruh untuk solat dimasjid yang terdapat di tmii baru kita ke skyworld.

Saat sudah sampai di skyworld kita langsung menuju ke auditorium nya untuk menonton video tentang luar angkasa. Dan video nya membutuhkan waktu 1 jam. Setelah video nya selesai kita langsung masuk kedalam museum skyworld nya dan kita langsung mengerjakan lembar jawab nya. Di sana terdapat tokoh tokoh astronomi, macam macam roket, macam macam planet, DLL yang berhubungan dengan luar angkasa. Sehabis kita keliling skyworld kita mengantri untuk menaiki 5D. antrian nya cukup lama dan membutuhkan waktu lebih dari 1 jam.dan waktu itu juga hujan lebat, dan saya Tanya ke guru saya tentang “ apakah jadi ke museum air tawar abis dari sky world”. Kata guru saya “tidak jadi karena waktu nya sudah tidak ada”.saat giliran saya masuk ke dalam 5D, video nya adalah roller coaster. Setelah selesai 5D kita makan sebentar danlangsung menuju ke planetarium dan sehabis itu kita langsung pulang

Dan itulah pengalaman saya saat wisata edukasi SMP Labschool Jakarta 2017.